• Korea
  • SELAMAT DATANG DI BLOGER PENA & KERTAS PUTIH

    Pendidikan Jarak Jauh

    Topik ke 2 :


    Dalam pembelajaran sistem PJJ, terjadi perubahan mendasar dalam paradigma pendidikan dimana pembelajaran yang tadinya berpusat pada pengajar menjadi berpusat pada peserta didik (Brodjonegoro, 1999) atau dari "TEACHER Centre" menjadi "STUDENT Centre".



    Penyelesaian :

    PJJ mengubah paradigma pendidikan yang bisanya berpusat pada pengajar dan sekarang berpusat pada peserta didik dikarekan sebagai salah satu untuk melatih para siswa untuk mencari informasi tentang materi sendiri.dengan demikian adanya PJJ tersebut para peserta didik menjadi lebih kreatif sehingga pengajar lebih evisien, Selain itu dapat melatih siswa untuk belajar mandiri,tetapi juga menimbulkan inisiatif dari peserta didik sehingga interaksi dengan pengajar bias terwujud dengan baik.
    Dan bila adanya peserta didik yang tidak mempunyai inisiatif hendaknya pengajar bisa mengambil langkah tepat untuk berinteraksi dengan peserta didik tersebut sehingga peserta didik pun tidak merasa ditinggalkan. Dikarenakan interaksi yang merupakan kebutuhan dasar setiap manusia maka pengajar tidak boleh hanya memberikan materi dan ujian saja, melainkan dia juga harus berinteraksi dengan peserta didik.


    0 komentar:

    Pendidikan Jarak jauh



    Tugas Topik 1 : 

    Saya akan menguraikan sedikit tentang PJJ, dan Permasalahan yang dialami sewaktu PJJ serta solusinya.

    PJJ sering di sebut juga dengan Pendidikan  Jarak Jauh.
    pendidikan jarak jauh ialah pendidikan yang diadakan di tempat yang terpisah,yaitu antara pengajar dan siswa.Proses belajar mengajar tersebut melalui media,dan PJJ ini dapat melatih para siswa untuk belajar mandiri .
    akan tetapi dalam melaksanakan PJJ ini banyak sekali kendala yang dihadapi oleh para siswa untuk melaksanakan PJJ di setip masing daerah misalnya saja PJJ tentang Teknik komputer dan jaringan yang di laksanakan di SMK negeri 1 Tanjung Selor.
    PJJ Teknik komputer ini diwajibkan harus mempunyai sebuah leptop,akan tetapi banyak sebagian dari siswa tidak mempunyainya,akan tetapi kendala itu dapat teratasi dengan adanya peminjaman leptop untuk masing-masing siswa,

    kendala yang kedua yaitu tentang mengerjakan sebuah tugas sangatlah sulit,karena kita harus mencari materi dari tugas tersebut di Browsure, dan kita harus mempunyai akses internet, akan tetapi akses internet ini sangatlah terbatas,karena jaringan internet ini sulit didapatkna di kalangan pedesaan,
    akan tetapi di SUB Kampus SMK Negeri 1 Tanjung selor menyediakan sebuah akses internet,dan bila kita ingin mengerjakan tugas tersebut kita harus pergi kesekolah walaupun dengan jarak yang cukup jauh.
    akan tetapi semua itu tidak mematahkan  semangat untuk ingin belajar.
    Dan pada akhirnya kami lulus D1 Teknik Komputer Dan jaringan.



    0 komentar:

    .