1. Bukalah file blender yang suda anda beri
animasi
2. Setelah itu catatlah Frame Awal misalnya 0 sampai 65
3. Setelah itu Export ke fbx atau caranya
dengan pilih file – Export-fbs, setelah itu jangan lupa pilih simpan
4. Jika model anda menggunakan texsture,
kita perlu pilih gambar texsture yang kita gunakan, caranya pilih file –
external data- hilangkan tanda centang pada pack into.blend kemudian pilih
file – external data dan setelah itu pilih unpack all into file, dan lihat
tempat diman kita menyimpan file.blend tersebut dan pastikan anda memiliki
fiile.fbx dan folder textures.
5. Setelah itu anda Buka file unity dan
import file vuforia dan target yang dimiliki misalnya (Project 1 )
6. Dan setelah itu buat sebuah folder baru
caranya pilih menu asset pada unity setelah itu pili folder dan jangan lupa
beri nama folder setsebut dengan nama yang anda inginkan misalnya ( gravitasi
)
7. Setelah itu import file texsture dan file
fbx ke dalam folder gravitasi di unity dengan cara drag and drop dari windows
explore anda.
8. Setelah itu pilih file fbx di asset
dan rubah tab model scale menjadi 1.0
setelah itu Tab Rig dan pada animation type = generic diganti dengan legacy ,
dan
setelah itu pada Tab Animations :
a. Wrap mode dig anti menjadi loop
b. Dibagian clips, tekan tombol +
c. Rumah nomor 1 menjadi nama animasi anda
misalnya ( Projeck 1 )
d. Rubah star frame dan end frame sesuai
dengan animasi yang anda inginkan di blender misalnya ( Star frame = 0, end
frame 65 )
e. Setelah itu cenang loope frame dan rubah
wrap mode menjadi loope
9. Dan pada tahap selanjutnya import file
image target dan ar camera caranya ( asset – Qualcomm Augmented Reality –
Frefabes) ke dengan cara drag ke layar scane, aturlah posisi dan scale
setelah itu gerakan ar camera di sumbu Y.
10. Pilih object image target, dan rubah
property dari database image target tersebut misalnya ( projeck 1 )
11. Setelah itu pilih object ArCamera,
setelah itu centang load data set dan active
12. Import file fbx caranya ( menu
asset-model-file fbx anda ) ke layar scane , atur posisi dan scale. Atur
posisi keseluruhan object dan image target seperti berikut :
a.
Klik
object fbx pada hiraerki dan rubah propertiesnya :
-
Animation
: pilih nama animasi yang telah anda buat sebelumnya
-
Animation
elemen 0 : nama animasi yang telah anda buat sebelumnya
b.
Buka
detail isi object fbx dengan cara menekan tombl panah di sebelah kiri nama
object, hapus object dari blender yang tidak di perlukakn pada file fbx anda
( peringatan : dalam file contoh object yang tidak kita perlukan adalah plane dan camera )
c. Jika
model anda tidak memiliki texsture pilih object yang ingin diberi texsture
dan pada bagian skinned mesh renderer
d.
Pada
hierarki, drag object fbx anda ke dalam image target.
e.
Dan
setelah kita bisa mencobanya dengan play, untuk mencoba dan jangan lupa copy
gambar yang anda upload di fuvoria tapi
bukan bentuk gambar yang suda anda download di fuvoria melainkan gambar yang
sama .
|
0 komentar: