• Korea
  • SELAMAT DATANG DI BLOGER PENA & KERTAS PUTIH

    Pembuatan Augment Reality ke 3

    BENTUK GAYA GRAVITASI BUMI
    DENGAN BENTUK GAYA BERAT  BENDA

    1.     Bukalah file blender yang suda anda beri animasi

    2.    Setelah itu catatlah Frame Awal  misalnya 0 sampai 65

    3.    Setelah itu Export ke fbx atau caranya dengan pilih file – Export-fbs, setelah itu jangan lupa pilih simpan

    4.    Jika model anda menggunakan texsture, kita perlu pilih gambar texsture yang kita gunakan, caranya pilih file – external data- hilangkan tanda centang pada pack into.blend kemudian pilih file – external data dan setelah itu pilih unpack all into file, dan lihat tempat diman kita menyimpan file.blend tersebut dan pastikan anda memiliki fiile.fbx dan folder textures.

    5.    Setelah itu anda Buka file unity dan import file vuforia dan target yang dimiliki misalnya (Project 1 )

    6.    Dan setelah itu buat sebuah folder baru caranya pilih menu asset pada unity setelah itu pili folder dan jangan lupa beri nama folder setsebut dengan nama yang anda inginkan misalnya ( gravitasi )

    7.    Setelah itu import file texsture dan file fbx ke dalam folder gravitasi di unity dengan cara drag and drop dari windows explore anda.

    8.    Setelah itu pilih file fbx di asset dan  rubah tab model scale menjadi 1.0 setelah itu Tab Rig dan pada animation type = generic diganti  dengan legacy ,
    dan setelah itu pada Tab Animations :
    a.      Wrap mode dig anti menjadi loop
    b.      Dibagian clips, tekan tombol +
    c.      Rumah nomor 1 menjadi nama animasi anda misalnya ( Projeck 1 )
    d.  Rubah star frame dan end frame sesuai dengan animasi yang anda inginkan di blender misalnya ( Star frame = 0, end frame 65 )
    e.      Setelah itu cenang loope frame dan rubah wrap mode menjadi loope

    9.  Dan pada tahap selanjutnya import file image target dan ar camera caranya ( asset – Qualcomm Augmented Reality – Frefabes) ke dengan cara drag ke layar scane, aturlah posisi dan scale setelah itu gerakan ar camera di sumbu Y.

    10.  Pilih object image target, dan rubah property dari database image target tersebut misalnya ( projeck 1 )

    11.  Setelah itu pilih object ArCamera, setelah itu centang load data set dan active

    12.  Import file fbx caranya ( menu asset-model-file fbx anda ) ke layar scane , atur posisi dan scale. Atur posisi keseluruhan object dan image target seperti berikut :
    a.    Klik object fbx pada hiraerki dan rubah propertiesnya :
    -                      Animation : pilih nama animasi yang telah anda buat sebelumnya
    -                      Animation size : 1
    -                      Animation elemen 0 : nama animasi yang telah anda buat sebelumnya
    b.    Buka detail isi object fbx dengan cara menekan tombl panah di sebelah kiri nama object, hapus object dari blender yang tidak di perlukakn pada file fbx anda ( peringatan : dalam file contoh object yang tidak kita perlukan  adalah plane dan camera )
    c. Jika model anda tidak memiliki texsture pilih object yang ingin diberi texsture dan pada bagian skinned mesh renderer
    d.    Pada hierarki, drag object fbx anda ke dalam image target.
    e.    Dan setelah kita bisa mencobanya dengan play, untuk mencoba dan jangan lupa copy gambar yang anda upload di fuvoria  tapi bukan bentuk gambar yang suda anda download di fuvoria melainkan gambar yang sama .
    Misalnya :







    13.   Selanjutnya anda bisa merubah unity tersebut menjadi sebuah APK yang bisa anda install di Hp android caranya :
    a.    Terlebih dahulu anda harus menginstal JDK(Java Development Kit )
    b.    Setelah java selesai terintasl
    Pastikan pula environment variable telah ter-setting dengan benar yaitu dengan cara : Klik kanan pada My Computer Pilih Advanced System Settings Pada Tab Advanced, klik tombol Environment Variables Pada user variables, apabila JAVA_HOME belum tersedia, tambahkan dengan tombol NEW dan variable name diisi  dengan JAVA_HOME sedangkan variable value diisi dengan alamat direktori instalasi JDK (bukan JRE), contoh : C:\Program Files (x86)\Java\jdk1.7.0_03\ Pada system variables pilih variable dengan nama Path dan ubah isi variable-nya dengan menambahkan alamat direktori bin pada instalasi JDK di awal isian contoh : C:\Program Files (x86)\Java\jdk1.7.0_03\bin.



    14.     Setelah pengaturan selesai anda bisa masuk ke unity kembali dan setelah itu melanjutkan untuk membuat APK :
    a.  Pilih file – Buil and Run dan tunggu sampai proses selesai,
    b.  Dan setelah selesai anda akah di arahkan pada Buil Setting dan pilihlah platform yang Android stelah itu pilih buil setelah itu arahkan pada folder SDK anda.setelah itu beri nama APK nya dan SAVE

    15.    Setelah APK berhasil di save anda bisa mencobanya di hp android, caranya mudah saya yaitu sama seperti kita install APK pada hp android.setelah selesai terinstal camera pada hp android anda otomatis akan muncul sendiri dan setelah itu jangan lupa buka file gambar yang sama seperti yang anda upload dan download di vuforial akan tetapi bukan file bntuk vuforianya melainkan gambarnya ,setelah itu arahkan hp anda ke gambar tersebut dan hasilnya bisa anda lihat di hp, maka animasi yang anda buat tersebut telah berjalan dan selamat mencoba.

    Hasil Apk di Hp android
    Untuk Apk  & Gambar bisa anda download







     

    0 komentar:

    .