BAB 9 AGAMA ISLAM ( D3 Amik Wahana Mandiri )
04:22
By
pena&kertasputih
Syahtriani Paramitasari. D3 Amik Wahana mandiri.Seamolec Batch 4,
Tugas Agama Islam.
0
komentar
BAB
9
صِفَاتُ الرَّسُوْل
Sifat-sifat Rasul
Sifat-sifat Rasul
A.
MUWASHOFAT YANG INGIN DICAPAI
1.
Mengimani
rukun iman (P)
2.
Menerima
dan tunduk secara penuh kepada Allah swt dan tidak bertahkim kepada selain yang
diturunkan-Nya (P)
3.
Tidak
dusta (P)
4.
Tidak
Takabbur (P)
5.
Memenuhi
janji (P)
6.
Memiliki
ghirah (rasa cemburu) pada agamanya (P)
I.
TUJUAN UMUM MADAH
Mengerti tentang fakta-fakta yang berhubungan dengan aqidah yang benar
yang digali dari Al Qur`an, As Sunah, dalil-dalil naqli dan ’aqli,
menanamkannya dalam jiwa, dan membersihkannya dari bid`ah dan khurafat yang
mungkin mengotorinya.
II.
TUJUAN KOGNITIF
1.
Memahami
sifat-sifat dasar yang harus dimiliki setiap Rasul .
2.
Memahami
keagungan akhlaq Nabi Muhammad saw sebagai pribadi Qur’ani dan hasil tarbiyah
rabbaniyah.
III.
TUJUAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK
1.
Menyadari
bahwa Nabi saw adalah uswatun hasanah bagi umatnya.
2.
Termotivasi
untuk membaca dan mengkaji sunnah atau hadits Nabi serta mempelajari perjalanan
hidup dan dakwah Nabi.
3.
Menunjukkan
contoh dari sifat pribadi Nabi saw dalam kehidupan sehari-hari .
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pilihan
kegiatan yang bisa diselenggarakan dalam
halaqah adalah :
1. Kegiatan Pembuka
–
Mengkomunikasikan
tentang; Sifatur Rasul
–
Menginventarisir
tentang fenomena yang berhubungan dengan tema kajian
2. Kegiatan Inti
–
Kajian
tentang Sifatur Rasul
–
Berdiskusi
dan tanya jawab tema kajian (lihat tujuan
kognitif, afektif dan psikomotor)
–
Penekanan
dari Murabbi tentang nilai dan hikmah
yang terkandung dalam materi Sifatur Rasul
3. Kegiatan Penutup
–
Tugas mandiri
(lihat Pilhan Kegiatann)
– Evaluasi
V.
PILIHAN KEGIATAN
1.
Mengadakan rihlah dan tafakkur tentang ciptaan Allah swt hingga dapat
membuktikan adanya pencipta dengan akalnya
2.
Mengumpulkan ayat-ayat al Qur`an yang menunjukkan
pada tafakkur
3.
Mengumpulkan
ayat-ayat tentang pentingnya mengkaji Sifatur Rasul
4.
Mengumpulkan
hadits-hadits yang menunjukkan hal di atas
5.
Menulis
makalah tentang pentingnya mengkaji Sifatur Rasul
6.
Mengumpulkan
perkataan-perkataan orang muslim dan lainnya yang obyektif tentang pentingnya
mengkaji Sifatur Rasul .
VI.
SARANA EVALUASI DAN MUTABAAH
1.
Tes
akademis melalui pertanyaan, diskusi dan dialog menggunakan metode pencatatan
untuk meyakinkan (menegaskan) tercapainya tujuan
2.
Tes kemampuan untuk membandingkan sejauh mana
tujuan telah tercapai
VII. TUJUAN
TARBIYAH DZATIYYAH
a.
Menjelaskan
bahwa Nabi Muhammad Rasulullah saw adalah sebagai hamba di antara hamba-hamba
Allah lainnya, mempunyai ciri yang juga
sama dengan manusia lainnya.
b.
Menjelaskan
bahwa mengetahui sifat-sifat ini diharapkan kita menyadari siapa sebenarnya
Rasul dan kemudian kita dapat mengikutinya
B.
Sifat-sifat Rasul SAW
-
Karena
Rasul adalah manusia istimewa yang dipilih oleh Allah sebagai utusanNya, maka
tentu Rasul memiliki sifat-sifat yang unggul
-
Ini
untuk mendukung keberhasilan penyampaian risalah, penunaian amanah, dan
memimpin umat
-
Ini
menjadi daya tarik bagi Rasul, sehingga manusia mau berhimpun di sekitarnya,
bergerak bersamanya, dan dapat menggantikannya .
C.
SIFAT MANUSIAWI (اَلْبَشَرِيَّةُ)
-
Rasul
yang diutus untuk manusia adalah manusia juga, bukan malaikat (18:110)
-
Oleh
karena itu, Rasulullah SAW juga memperlakukan para sahabat secara manusiawi,
bahkan kepada binatang dan tumbuhan pun memperlakukannya dengan sangat baik
-
Beberapa
sisi manusiawinya Rasul:
a.
Terhadap
Sahabat-Sahabatnya
b.
Terhadap
Istri-istrinya
c.
Terhadap
Putra-putrinya
d.
Terhadap
Musuhnya
e.
Terhadap
hewan
0 komentar: