• Korea
  • SELAMAT DATANG DI BLOGER PENA & KERTAS PUTIH

    BAB 9 AGAMA ISLAM ( D3 Amik Wahana Mandiri )

    BAB 9

    صِفَاتُ الرَّسُوْل
    Sifat-sifat Rasul

    A.      MUWASHOFAT YANG INGIN DICAPAI
    1.       Mengimani rukun iman (P)
    2.       Menerima dan tunduk secara penuh kepada Allah swt dan tidak bertahkim kepada selain yang diturunkan-Nya (P)
    3.       Tidak dusta (P)
    4.       Tidak Takabbur (P)
    5.       Memenuhi janji (P)
    6.       Memiliki ghirah (rasa cemburu) pada agamanya (P)
    I.        TUJUAN UMUM MADAH
    Mengerti tentang fakta-fakta yang berhubungan dengan aqidah yang benar yang digali dari Al Qur`an, As Sunah, dalil-dalil naqli dan ’aqli, menanamkannya dalam jiwa, dan membersihkannya dari bid`ah dan khurafat yang mungkin mengotorinya.
    II.      TUJUAN KOGNITIF 
    1.       Memahami sifat-sifat dasar yang harus dimiliki setiap Rasul  .
    2.       Memahami keagungan akhlaq Nabi Muhammad saw sebagai pribadi Qur’ani dan hasil tarbiyah rabbaniyah.
    III.    TUJUAN AFEKTIF  DAN PSIKOMOTORIK
    1.       Menyadari bahwa Nabi saw adalah uswatun hasanah bagi umatnya.
    2.       Termotivasi untuk membaca dan mengkaji sunnah atau hadits Nabi serta mempelajari perjalanan hidup dan dakwah Nabi.
    3.       Menunjukkan contoh dari sifat pribadi Nabi saw dalam kehidupan sehari-hari .
    IV.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Pilihan kegiatan yang bisa diselenggarakan  dalam halaqah adalah :
    1. Kegiatan Pembuka
          Mengkomunikasikan tentang; Sifatur Rasul
          Menginventarisir tentang fenomena yang berhubungan dengan tema kajian
    2.  Kegiatan Inti
          Kajian tentang Sifatur Rasul
          Berdiskusi dan tanya jawab tema kajian (lihat tujuan  kognitif, afektif dan psikomotor)
          Penekanan dari Murabbi  tentang nilai dan hikmah yang terkandung dalam materi Sifatur Rasul
    3.  Kegiatan Penutup
          Tugas mandiri  (lihat Pilhan Kegiatann)
          Evaluasi

    V.      PILIHAN KEGIATAN
    1.       Mengadakan rihlah dan tafakkur  tentang ciptaan Allah swt hingga dapat membuktikan adanya pencipta dengan akalnya
    2.       Mengumpulkan ayat-ayat al Qur`an yang menunjukkan pada tafakkur
    3.       Mengumpulkan ayat-ayat tentang pentingnya mengkaji Sifatur Rasul
    4.       Mengumpulkan hadits-hadits yang menunjukkan hal di atas
    5.       Menulis makalah tentang pentingnya mengkaji Sifatur Rasul
    6.       Mengumpulkan perkataan-perkataan orang muslim dan lainnya yang obyektif tentang pentingnya mengkaji Sifatur Rasul .
    VI.    SARANA EVALUASI DAN MUTABAAH
    1.       Tes akademis melalui pertanyaan, diskusi dan dialog menggunakan metode pencatatan untuk meyakinkan (menegaskan) tercapainya tujuan
    2.        Tes kemampuan untuk membandingkan sejauh mana tujuan telah tercapai
    VII.  TUJUAN TARBIYAH DZATIYYAH
    a.          Menjelaskan bahwa Nabi Muhammad Rasulullah saw adalah sebagai hamba di antara hamba-hamba Allah lainnya,  mempunyai ciri yang juga sama dengan manusia lainnya.
    b.         Menjelaskan bahwa mengetahui sifat-sifat ini diharapkan kita menyadari siapa sebenarnya Rasul dan kemudian kita dapat mengikutinya

    B.      Sifat-sifat Rasul SAW
    -                Karena Rasul adalah manusia istimewa yang dipilih oleh Allah sebagai utusanNya, maka tentu Rasul memiliki sifat-sifat yang unggul
    -                Ini untuk mendukung keberhasilan penyampaian risalah, penunaian amanah, dan memimpin umat
    -                Ini menjadi daya tarik bagi Rasul, sehingga manusia mau berhimpun di sekitarnya, bergerak bersamanya, dan dapat menggantikannya .
    C.      SIFAT MANUSIAWI (اَلْبَشَرِيَّةُ)
    -                Rasul yang diutus untuk manusia adalah manusia juga, bukan malaikat (18:110)
    -                Oleh karena itu, Rasulullah SAW juga memperlakukan para sahabat secara manusiawi, bahkan kepada binatang dan tumbuhan pun memperlakukannya dengan sangat baik
    -                Beberapa sisi manusiawinya Rasul:
    a.             Terhadap Sahabat-Sahabatnya
    b.            Terhadap Istri-istrinya
    c.             Terhadap Putra-putrinya
    d.            Terhadap Musuhnya
    e.            Terhadap hewan





    0 komentar:

    .