• Korea
  • SELAMAT DATANG DI BLOGER PENA & KERTAS PUTIH

    BAB 4 AGAMA ISLAM ( D3 Amik Wahana Mandiri )

    BAB 4
    Kandungan Syahadat
    مَدْلُوْلُ الشَّهَادَةِ
    A.    Syahadatain
                                                
    1.     أشهد أن لاإله إلا الله
    3       Arti Syahadah (“asyhadu”)
    a.      Pernyataan (اَلْإِعْلاَنُ)
    -    Bahasa Arabnya: اَلإِقْرَارُ atau اَلإِعْلاَنُ (dalam bahasa Indonesia: Iklan, yang seharusnya membacanya I’lan bukan iklan)
    -    “Asyhadu” berarti “aku menyatakan”
    -    Kalau dihubungkan dengan kalimat syahadat maka artinya “aku menyatakan bahwa tidak ada ilah kecuali Allah, dan aku menyatakan bahwa Muhammad adalah utusan Allah”

    b.     Sumpah (اَلْقَسَمُ)
    -          Kandungan kedua dari syahadat adalah SUMPAH
    -          Bahasa Arabnya:  اَلْقَسَمُ
    -          “Asyhadu” berarti “aku bersumpah”
    -          Dihubungkan dengan kalimat syahadat maka artinya “aku bersumpah bahwa tidak ada ilah kecuali Allah, dan aku bersumpah bahwa Muhammad adalah utusan Allah”

    c.      Janji (اَلْعَهْدُ)
    -            Kandungan ketiga syahadat adalah JANJI
    -            Bahasa Arabnya: اَلْمِيْثَاقُ atau اَلْعَهْدُ
    -            “Asyhadu” berarti “aku berjanji”
    -            Dihubungkan dengan syahatain maka artinya “aku berjanji bahwa tidak ada ilah kecuali Allah, dan aku berjanji bahwa Muhammad adalah utusan Allah”.







    0 komentar:

    .