• Korea
  • SELAMAT DATANG DI BLOGER PENA & KERTAS PUTIH

    Pendidikan Jarak Jauh

    Topik ke 2 :


    Dalam pembelajaran sistem PJJ, terjadi perubahan mendasar dalam paradigma pendidikan dimana pembelajaran yang tadinya berpusat pada pengajar menjadi berpusat pada peserta didik (Brodjonegoro, 1999) atau dari "TEACHER Centre" menjadi "STUDENT Centre".



    Penyelesaian :

    PJJ mengubah paradigma pendidikan yang bisanya berpusat pada pengajar dan sekarang berpusat pada peserta didik dikarekan sebagai salah satu untuk melatih para siswa untuk mencari informasi tentang materi sendiri.dengan demikian adanya PJJ tersebut para peserta didik menjadi lebih kreatif sehingga pengajar lebih evisien, Selain itu dapat melatih siswa untuk belajar mandiri,tetapi juga menimbulkan inisiatif dari peserta didik sehingga interaksi dengan pengajar bias terwujud dengan baik.
    Dan bila adanya peserta didik yang tidak mempunyai inisiatif hendaknya pengajar bisa mengambil langkah tepat untuk berinteraksi dengan peserta didik tersebut sehingga peserta didik pun tidak merasa ditinggalkan. Dikarenakan interaksi yang merupakan kebutuhan dasar setiap manusia maka pengajar tidak boleh hanya memberikan materi dan ujian saja, melainkan dia juga harus berinteraksi dengan peserta didik.


    0 komentar:

    .